28. Pensiun Bukanlah Pilihan, Tetapi bagaimana Menentukan Strategi pilihan Usaha.

Bagi kita yang menjadi seorang pegawai baik menjadi pegawai negeri atau swasta. Mau atau tidak mau, suka atau tidak suka, kita harus menerima “pensiun” seiring dengan berjalannya waktu.

Pensiun memang bukan pilihan, tetapi bagaimana kita menentukan pilihan usaha menjelang pensiun dalam rangka keberlangsungan aktivitas sehari-hari. Coba bayangkan kalau kita menerima Surat Keputusan (SK):

  1. Dipensiunkan sebelum waktunya
  2. Pensiun pada waktunya
  3. Pensiun Dini

Kalau tanpa persiapan mental untuk memasuki masa pensiun, siapapun yang menerimanya akan kaget, karena adanya perubahan aktivitas, perubahan kontak sosial seperti kekuasaan, penghargaan dansebagainya. Post down Syndrome akan benar-benar terasa bagi sebagian orang, tetapi bagi yang lainnya tidak terasa kerena sudah mempersiapkan diri baik secara fisik maupun psychis.

Kalau seseorang dipensiunkan karena kebijakan organisasi (restrukturisasi), atau PHK, atau karena hukuman biasanya pegawai ini relatif masih muda, dan belum siap untuk pensiun dimana populasinya lebih sedikit dari pada yang pensiun secara normal karena peraturan kepegawaian. Demikian juga orang-orang yang pensiun dini populasinya lebih sedikit dari pada yang pensiun normal.

Orang yang mengambil pensiun dini karena pilihan, bukan pensiun dini karena sakit atau tidak sanggup menjadi pegawai. biasanya lebih siap dalam menghadapi pensiun karena dia sudah mempersiapkan diri karena sudah mempunyai usaha besar atau menjadi pemilik usaha sendiri.

Pensiun Secara alami di lingkungan Pegawai negeri sipil yang menjabat sebagai jabatan fungsional:  guru adalah 60 tahun, pengawas sekolah 60 tahun, penilik PNFI 60 tahun, dosen 65 tahun, profesor 70 tahun. Untuk pegawai struktural pada umumnya 56 tahun, eselon II, eselon I adalah 60 tahun.

Dalam menghadapi pensiun ini sebagaian ada yang sudah siap memiliki pilihan untuk menikmati saja masa pensiun karena sudah memiliki cukup bekal (mungkin), dan ingin  penuh beribadah saja bahkan ada yang menjadi penceramah keagamaan.

Tetapi bagi sebagian orang ingin tetap berkarya ingin sibuk ingin punya kegiatan tetap. Kalau saja anda kebetulan seorang yang suka belajar sangat mudah mencari kesibukan, dengan menjadi guru atau dosen. atau kalau kebetulan anda seorang pegawai struktural di saat 3-5 tahun menjelang  usia pensiun agar meningkatkan kualifikasi pendidikan anda, sehingga bisa alih fungsi menjadi PNS tenaga fungsional, atau minimal dosen honorer kalau anda memenuhi kualifikasi.

Aternatif lain jika anda mempunyai hobi, kembangkanlah hobi itu terutama disaat menjelang pensiun, karena sebelum pensiun kita masih bisa memiliki sumber dana untuk mengembangkan hobi menjadi suatu alat komoditi dimasa yang akan datang, karena suatu usaha akan besar secara gradual. Kalau besar tiba-tiba fondasinya tidak akan tahan lama. hobi yang dapat dikembangkan misalnya hobi tanamam hias dan tanaman bunga lainnya, beternak ayam petelor atau ayam daging atau ikan konsumsi atau ikan hias.  Yang terpenting bagaimana kita berkreasi untuk mengisi kehidupan ini. Jangan terlena kerja keras sewaktu masih aktif di PNS, tahu-tahu waktu habis sebagai PNS,  perlulah meluangkan waktu untuk merenung sejenak. Agar kita bisa mengatur pindah chanel kegiatan rutinitas supaya tetap exist dalam kehidupan ini dan berguna untuk keluarga dan masyarakat. Perlu direnungkan adalah “Buat apa Pensiun Kalau tidak Berwira Usaha”

Salam : Virgana

About these ads

8 responses to this post.

  1. Saya memilih Pensiun Dini karena mempunyai pilihan sangat baik bagi saya. Pensiun bukan Hal yang menakutkan, ternyata pensiun dari PNS aku seaka-akan bisa menemukan sebongkah emas yang sangat besar. Itulah alasan mengapa aku memilih Pensiun Dini. Kalau Anda tak mempercayainya anda dapat menghubungi kami datang kerumah atau lewat SMS atau menghubungi langsung ke nomor 085725602797. Kebanyakan Orang takut menhadapi masa pensiun, takut kalau sudah memasuki masa pensiun mereka bingung mau apa lagi, waktu banyak kosong, umur semakin bertambah, pendapatan turun, kesehatan menurun , temannya satu demi satu mulai menjauh dan sebagainya, dan sebagainya. Ternyata tidak dan tidak . Itu bayangan yang sama sekali keliru.Keliru besar. Anda Jangan takut sebelum terjadi. Allah itu mengatur segalanya. Allah maha pengasih dan maha penyayang, Allah tidak rela kalau makhluknya menderita karena tidak mendapat makanan atau Rizki. Allah akan mengatur semua itu. Percaya saja kalau kamu mau berdoa dan berusaha nantu bantuan Allah akan segera tiba. Buktinya aku sendiri, aku yang mengalaminya sendiri. Bgitu aku pensiun langsung mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik dari yang aku jalani lebih lama jadi PNS. Apa itu yaitu Perusahaan Hrbalife. Perusahaan Herbalife bukan Perusahaan yang ecek-ecek. Ini Perusahan besar dari Amerika yang membuka cabangnya di Indonesia. Herbalife sangat terbuka lebar bagi anda yang ingin mengembangkan diri, unttuk kesehatan, penampilan, ekonomi, kesejahteraan semua bisa didapatkan di Herbalife. Jika Anda masih bingung bagaimana untuk memulainya bisa menghubungi aku. Bisa Lewat email naryopbl@yahoo.com atau lewat HP saya yang selalu aktif 085725602797. Akan bantu seratus persen. Disamping para pegawai yang akan menghadapi pensiun, kamipun juga bersedia membantu para pencari kerja, alias penganggur daripada susah-susah mencari pekerjaan yang sampai berjuang mati-matian untuk mendapatkan pekerjaan, sudahlah masuk aja bersama aku nanti akan kami bantu sepenuhnya. Jangan khawatir, Allah akan membantu memberikan jalan kemudahan jika benar-benar Anda melakkannya dengan Iklas. Jangan lupa kuncinya ikhlas… ikhlas…dan ikhlas

    Reply

    • Selamat buat anda adalah keputusan yang tepat, saya juga sudah mendapatkan pasive Income dari AMWAY, selain Jadi IBO juga masih Aktif bekerja ….. mantap. Tks atas comment nya

      Reply

    • ISTERIKU(GURU IVB SERTIFIKASI) MENGIKUTI NYUSUL UNTUK PENSIUN DINI
      Seorang Guru yang telah mendapatkan tunjangan sertifikas adalah suatu kebanggaan yang harus diunggu-tungu. Tetapi isteriku memilih untuk pensiun dini karena ada pilihan yang lebih baik menurut dia, dan memang benar demikian. Kalau tidak percayabisa anda konfirmasi ke No Hp 02719111843.Saya bergabung dengan PT Herbalife baru bulan Mei 2010 yaitu sejak aku menjadi pengangguran karena pensiun.Awal pertama aku masuk bergabung dengan PT Herbalife hanya mencari tambahan penghasilan sedikit-dikit saja yaitu sekitar 1-2 juta saja/Bulan.( untuk mengantikan tunjangan waktu masih menjabat PNS dan hilang setelah pensiun). Tapi koq ternyata mudah sekali mendapatkan uang uang lebih besar(Rp 10-15juta/buan dapat diperoleh dengan cara yang enak sekali, tidak terlalu sulit, dan menurut agama tidak sebagai larangan alias halal dan menurut pemerintah legal). Dengan melihat fenomena seperti itu akhirnya isteriku memilih untuk pensiun dini, padahal jadi seorang guru seharusnya masih 6 th lagi. Hubungi aku kalau mau bergabung dengan aku bagaimana caranya Hp 085725602797. Hal yang mendasari Isteriku ingin cepat-cepat pensiun dini karena alasan yang positif saja yaitu ingin memberi kesempatan kepada generasi berikutnya yang ingin menjadi guru serta demi masa depan bangsa untuk diberikan kesempatan generasi muda yang lebih cerdas dan lebih bersemangat, supaya hasilnya juga maksimal.

      Reply

    • ISTERIKU(GURU IVB SERTIFIKASI) MENGIKUTI NYUSUL UNTUK PENSIUN DINI
      Seorang Guru yang telah mendapatkan tunjangan sertifikas adalah suatu kebanggaan yang harus ditunggu-tungu. Tetapi isteriku memilih untuk pensiun dini karena ada pilihan yang lebih baik menurut dia, dan memang benar demikian. Kalau tidak percayabisa anda konfirmasi ke No Hp 02719111843.Saya bergabung dengan PT Herbalife baru bulan Mei 2010 yaitu sejak aku menjadi pengangguran karena pensiun.Awal pertama aku masuk bergabung dengan PT Herbalife hanya mencari tambahan penghasilan sedikit-dikit saja yaitu sekitar 1-2 juta saja/Bulan.( untuk mengantikan tunjangan waktu masih menjabat PNS dan hilang setelah pensiun). Tapi koq ternyata mudah sekali mendapatkan uang uang lebih besar(Rp 10-15juta/buan dapat diperoleh dengan cara yang enak sekali, tidak terlalu sulit, dan menurut agama tidak sebagai larangan alias halal dan menurut pemerintah legal). Dengan melihat fenomena seperti itu akhirnya isteriku memilih untuk pensiun dini, padahal jadi seorang guru seharusnya masih 6 th lagi. Hubungi aku kalau mau bergabung dengan aku bagaimana caranya Hp 085725602797. Hal yang mendasari Isteriku ingin cepat-cepat pensiun dini karena alasan yang positif saja yaitu ingin memberi kesempatan kepada generasi berikutnya yang ingin menjadi guru serta demi masa depan bangsa untuk diberikan kesempatan generasi muda yang lebih cerdas dan lebih bersemangat, supaya hasilnya juga maksimal.

      Reply

    • i agree with u, good luck

      Reply

  2. Pak sunarya, Tks pak, semua orang punya jalan sendiri saya sudah temukan Nurilite utk kesehatan saya.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: