16.Ikan Nilem mangut terbaik termurah untuk terapi ikan, harga ikan nilem, Terapi alami

Sumber Tulisan dari:”Ikan Terapi Kesehatan” oleh Agus H Tjakrawidjaja (peneliti ikan di Pusat Penelitian Biologi – LIPI

Beberapa bulan terakhir ini saya tertarik pada ikan terapi, dan bermaksud ingin membuat kolam untuk terapi secara masal, supaya terjangkau oleh masyarakat bawah sekalipun.
Inilah pengalaman saya. Pada akhir Oktober 2010 Pada mulanya saya membeli 2 jenis ikan, yang pertama saya membeli 2000 ekor ikan garra rufa seharga Rp. 5000.000,-, dan pada hari yang sama saya juga membeli 2000 ekor ikan Nilem Mangut seharga Rp 800.000 termasuk ongkos sampai rumah.
Garra rufa (ikan ini ber asal dari Turkey ada juga yang mengatakan dari Afrika. Kemudian ikan ini saya simpan di 2 buah aquarium lengkap dengan aerator dan filter, karena suhu air di tempat saya stabil antara 28 – 30 derajat celsius, jadi tidak menggunakan heater. makanannya saya beri cacing beku, diberi makan 3 kali sehari. pada hari kedua ikan ini bisa melaksanakan tugas dengan mengisap kulit kita, apabila anggota badan kita celupkan ke dalam air, minggu pertama aman ikan hidup semua tidak ada yang mati. saya beri jaring-jaring supaya ikan tidak loncat, bayangkan kalau ada yang loncat 4 ekor saja udah Rp 10.000 hilang saya sadar akan hal itu maka aquarium diberi jaring-jaring. minggu kedua aman, minggu ke tiga ada masalah pada saat pergantian air aquarium padahal sudah hati-hati. Disinilah ikan mati secara masal diam di dasar aquarium. Ringkas cerita dari 2000 ekor secara bertahap mati …. kini sisa tinggal 400 ekor (menyedihkan, selamat ikan tidak loncat malah mati masal). Jadi harus extra hati-hati jika anda akan memelihara ikan Garra rufa, ikan kuat sebenarnya karena untuk terapi bisa diobok-obok orang, tetapi rawan mati kalau tidak punya pengalaman dan rajin observasi. Alat harus lengkap yang merupakan tambahan modal bagi suatu usaha, tetapi tidak masalah kalau itu merupakan suatu hoby pribadi dalam memelihara ikan Garra rufa.
Kalau saya membeli dua jenis ikan ini dari suatu keingintahuan karena tertarik setelah terapi di daerah Cigugur di Kuningan pada awal Oktober 2010, saat itu juga sempat nanya ikan apa ini? (ikan Mangut), boleh nggak saya membelinya? (disini nggak di jual pak). Wah repot juga kalau begitu, tapi sekarang saya bisa menjualnya Jenis ikan Nilem Mangut.
Ikan Nilem mangut, sebanyak 2000 ekor saya tempatkan di kolam kecil dengan debit air kira-kira 2 meter kubik, saya beri filter dan aerator (gelembung udara), makan pelet saja 3 kali sehari. pada hari pertama ikan di rumah mati 100 ekor karena pada loncat, saya tidak tahu sebelumnya sifat ikan ini, kalu di beri pancuran ternyata loncat dio malam hari. kemudian saya beri penghalang dengan jaring-jaring, sampai saat ini aman hgidup sehat lincah, apabila kaki di celupkan ke kolam langsung ikan tersebut melaksanakan tugasnya, yang membuat sensasi pada kita. setelah pulang kerja rasa pegal jadi hilang. air belum pernah di ganti, cukup ditambah aja kalau debitnya kurang.

Nilem Mangut (Osteochilus hasseltii)
Jenis ikan mangut mempunyai banyak kelebihan dibanding ikan terapi lainnya, ikan ini bisa mencapai ukuran sedang sekitar 10 inc, tetapi untuk terapi bisa mulai dari ukuran 2 inc, mulutnya tidak bergigi melainkan muluitnya ditutupi lipatan kulit lunak, berumbai yang berupa otot elastis dan berguna untuk menghisap benda/makanan atau kulit mati, Ikan ini bersifat herbivora yaitu pemakan dedaunan, tidak galak dan bisa bersahabat dengan manusia.
Manfaat terapi:
1. menghilangkan jaringan kulit mati
2.menghaluskan kulit
3. melancarkan peredaran darah
4. menghilangkan kulit pecah-pecah
5. mencegah tumbuhnya cell liar
6.menghilangkan stress
7. meningkatkan fungsi syaraf
8. menghilangkan pegal-pegal
9. mengurangi tumpukan lemak
10. merangsang simpul-simpul syaraf yang melemah, sehingga menjadi sensitif kembali yang pada akhirnya dapat menyembuhkan suatu penyakit, karena simpul syaraf pada kaki terhubung dengan organ vital tubuh kita. Ikan Nilem Mangut memang murah dan yang terbaik untuk terapi ikan.

Pemberitahuan: Jika anda ingin memiliki sendiri Ikan Nilem Mangut untuk terapi, kami menyediakan Mulai 21 Januari 2012:

    harga Rp. 800/ekor

  • Pesan melalui SMS: 081287224321

Untuk terapi di tempat saya mulai 1 Maret 2011 alamat: Jl. Aselih no 88 rt 010/01 Cipedak Ciganjur Jak sel. Melalui Jalan Kahfi I, tiket Rp. 5000/orang

117 responses to this post.

  1. Posted by wina on February 16, 2010 at 1:48 PM

    ass.pak kpn ad pndftran guru y? Trims

    Reply

  2. Sdr. Bayu…… mungkin yang di beli jenis ikan nilemnya berbeda, Ikan Nilem mangut di tempat saya agresive, kalau ada kaki langsung mengerubuti kaki ….. sampai geli dan akhirnya enak sensasinya. Untuk perbandingan datang saja ke tempat saya, bisa coba gratis kok sms saja virgana 085711912111.

    Reply

  3. Posted by Christian on December 28, 2010 at 5:24 AM

    Tepat lokasi dimana ya? jauh lagi dari ISTN ?

    Reply

  4. Ikannya simpan di kolam jangan diberi makan 1 hari, lalu coba, kalu belum bisa berarti ikannya bukan jenis ikan untuk terapi, tks

    Reply

  5. Memeliharanya mudah saja seperti ikan biasa, untuk 1000 ekor aquariumnya harus menampung air 2 m3, diberi juga aerator tutup jaring-jaring, karena ikan ini sifatnya bisa loncat

    Reply

  6. kalau 50 ekor sensasinya kurang, boleh saja

    Reply

  7. minta no telp ny dunk.,
    u lbih jlas nya lg..

    Reply

  8. Posted by Ricky rhomans on October 7, 2011 at 12:21 AM

    Saya mw ikan nilem mangut tolong sms ke no 085697323643

    Reply

  9. Posted by bagus on October 9, 2011 at 11:09 AM

    kalo dikirim ke purwokerto bisa ga ???

    Reply

  10. Posted by Sri Muljani on December 25, 2011 at 5:42 AM

    Saya sekel tinggal di semarang sangat tertarik dg terapi ikan. Mohon informasi dimana (tempat terapi di semarang dan sekitarnya)km sekel bisa terapi` tks infonya

    Reply

  11. Untuk pembelian bibitnya dimana, dan berapaan ?
    Cara pemijahan dan penetasannya apa sulit tidak ?

    Reply

    • pemeliharaan mudah, asal ada sistem udara,makan pelet bisa,mijahkazn sendiri aja bisa, saya jual utk terapi a Rp 600,- uk 7 cm,
      stok saat ini habis, kalau mau tinggalkan no HP disini, tks

      Reply

  12. Dimamakah penjual bibit ikan nilem ?
    Bagaimana cara pemijahan sd penetasannya ? Sulitkah ?

    Reply

  13. Posted by Adrian Firman on January 22, 2012 at 7:08 PM

    mas, saya di gudang peluru, dket ga dari sana??
    klo ada stok ikannya tlong sms k 085722285525 ya,,,
    thanks,, :)

    Reply

  14. Posted by anas on February 23, 2012 at 3:33 PM

    klo di kirim ke wilayah solo bs ga? kira2 mati ga ikanny? mksh

    Reply

  15. Posted by andy on March 5, 2012 at 11:41 PM

    Ukuan ikn,brap CM ?
    Pembayan lewt apa ?
    Biasa gak kirim ke pakalongan ?
    Trimakasih

    Reply

  16. Posted by Ichsan on March 27, 2012 at 10:04 AM

    Stok Ikan ada apa tidak?? minimum ambil brp byk??? Thx

    Reply

  17. Hey there, Can I copy this post image and implement it on my private internet log? 637720

    Reply

  18. Looking forward to move into an additional hous?! [...]Real estate busines is obtaining much more and much more less protitable, take a look at why[...] 559985

    Reply

  19. I got what you intend, saved to favorites , really decent internet web site . 728568

    Reply

  20. I adore foregathering useful info, this post has got me even more info! . 877550

    Reply

  21. Posted by haikal on July 8, 2012 at 4:54 AM

    mas saya berniat beli 5oo ekor, saat ini stok ikan nya masih ada gak pak..?

    Reply

  22. Posted by eko on July 10, 2012 at 4:47 AM

    bisa kurang gk

    Reply

  23. Posted by hadi on July 13, 2012 at 8:13 AM

    kalo stock sudah ada, reply ya…

    Reply

  24. Posted by ratna on August 13, 2012 at 8:08 PM

    kapan ada stok lg mas?

    Reply

  25. I simply want to tell you that I am very new to blogging and site-building and really loved this blog. More than likely I’m want to bookmark your website . You definitely come with really good articles. Cheers for revealing your web site.

    Reply

  26. I just want to tell you that I’m new to blogs and truly liked you’re page. Very likely I’m planning to bookmark your blog post . You amazingly have exceptional articles and reviews. Appreciate it for sharing with us your web page.

    Reply

  27. berapa harganaya sekarang per ekornya? untuk ukuran berapa centi?
    klu beli banyak ada potongan brp?

    Reply

  28. Posted by lintang on October 15, 2012 at 6:50 AM

    boleh minta testimontialnya??

    Reply

  29. Posted by ikrar on November 16, 2012 at 10:01 AM

    saya berminat dengan usaha terapi ikan…seumpama dikirim kejawa timur bisa atau tidak nih???tepatnya di bojonegoro…makasih..saya tunggu yah…

    Reply

  30. Posted by agung on December 5, 2012 at 2:15 PM

    lebih agresif mana nilem apa gara rufa

    Reply

  31. Posted by double a on December 18, 2012 at 3:00 AM

    barangkali butuh pasokan ikan nilem,, bisa hubungi ane di 08987000123.. Rp.60rb/kg (nego) siap kirim.. silahkan mampir ke lokasi,,posisi di sumedang jabar

    Reply

  32. Posted by alif on December 19, 2012 at 3:31 PM

    Bro, selain ikan nilem….ade ikan ape lagi ?…….

    Reply

  33. Mas, kalo boleh tahu tolong kasih alamat lengkap lokasi penjualan ikam nilem mangutnya dong?. dan harga ikan nilem mangutnya per ekor dan 1000 ekornya ?, dan cara pemeliharaannya?. Tolong di bantu ya mas, thanks :)

    Reply

    • KALAU UNTUK 1000 EKOR UNTUK UKURAN KOLAM 2 X 2 X 0,5 M (TINGGI AIR), DIBERI FILTER DAN GELEMBUNG UDARA, KALAU UNTUK TERAPI KASIH MAKAN SORE AJA PAKAI PELET IKAN

      Reply

  34. mas maaf lupa,hehe. kalo sekarang masih ada stock gak buat yang 1000 ekor?, mohon reply :)

    Reply

  35. Mas, ada gak harga ikan nilem mangutnya yang Rp.500,-/ekornya. kalau ada pesan 1000 ekor dan harganya brp ?

    Reply

    • harga sudah lama naik Rp 800/ekor, saat ini stoock sudah habis kalau sudah ada nanti di infi, ALAMAT JL ASELIH RT 010/01 CIPEDAK CIGANJUR JAKSEL, HP 081378224321 SMS SAJA

      Reply

  36. Posted by Naufal maulana on December 24, 2012 at 3:03 PM

    Pak,kalo harga Perekor itu brp? Dan harga 1000 ekornya brp? Masih Ada stock gak pak ?, sekalian minta alamat lengkapnya?

    Reply

  37. pak saya di jakarta deket ga dari sana ^_^

    Reply

  38. Posted by anwar on April 12, 2013 at 5:35 AM

    Assalamu’alaikum pak, saya mw tanya kira-kira stoknya masih ada ga..? berapa harga /100 ekornya..?

    Reply

  39. Posted by Reza on April 21, 2013 at 2:29 AM

    ana mau order ikan Nilem Mangut masih ada ?
    kirim ke Lamongan Jawa Timur bisa ?

    Reply

  40. Posted by Reza on April 21, 2013 at 2:31 AM

    ana mau order ikan Nilem Mangut masih ada ?
    kirim ke Lamongan Jawa Timur bisa ?
    antum sms ana ya_0856 5525 7121

    Reply

  41. Posted by Gunawan on May 3, 2013 at 10:30 PM

    Lokasi penjualan dimana mas. trims

    Reply

  42. Posted by Gunawan on May 5, 2013 at 12:03 PM

    Kalau dikirim ke Kota Malang Jawa Timur Bagaimana ?

    Reply

  43. Posted by satria on May 9, 2013 at 10:57 AM

    salam mas saya di kebagusan tolong ksh rutenya thx

    Reply

  44. Posted by satria on May 9, 2013 at 10:59 AM

    no hp mu tidak aktif semua mas

    Reply

  45. Posted by imam on May 9, 2013 at 2:35 PM

    pak kalo ada stok tolong hubungi saya segera ya pak

    Reply

  46. Posted by imam on May 9, 2013 at 2:36 PM

    089657542904….ini no.saya pak….no..bapak saya telp ga aktif pak..udah saya coba semua

    Reply

  47. Posted by satrio on May 11, 2013 at 3:28 AM

    Kl sudah ada mangutnya, kabarin ya mas. Minat 100 ekor, terimakasih… oya, bisa dicampur sama koi tidak?

    Reply

  48. Posted by linggo murti on May 21, 2013 at 5:59 AM

    pak saya tertarik untuk pesan 1000 ekor, saya sudah coba hubungi mas virgana untuk pemesanan tapi tidak ada yang bisa dihubungi…..
    boleh hubungi saya 085691617948

    Reply

  49. Posted by wahyudi on November 13, 2013 at 1:06 AM

    kalo sampe jawa timur berapa ya mas

    Reply

  50. Posted by rosadi on November 15, 2013 at 9:22 AM

    kenapa ya ikan nilem tidak mau mangut padahal sudah 3 hari semenjak saya masukin ke Bak.

    Reply

  51. Mba saya mo pesan 500 ekor ke bandung bisa ? Brapa ? Saya harus menghubungi nomor tlp yang mana ?

    Reply

  52. Posted by irwan on December 8, 2013 at 2:22 PM

    Gan,,,harga sekarang berapa?bisa dikirim kerumh atau tidak?thanks

    Reply

  53. Posted by Yuridenta1 on January 14, 2014 at 10:05 AM

    mas , sy baru saja beli ikan terapi jenis nilem, tapi kok ngga langsung mau gigitin ya? apa ada masa penyesuaian tempat gitu?

    Reply

  54. Mas Virgana stock ikan ada ? mohon info thanks.

    Reply

  55. Posted by arief on January 27, 2014 at 6:12 PM

    saya minat 1000 ekor hub 081911521488.
    thks.

    Reply

  56. Posted by Sonny Martin on January 30, 2014 at 4:39 AM

    Pak ikan nilem mangut untuk kolam ukuran 1.5x1x0.5 kebutuhannya berapa, harganya berapa dan ikannya ada stock nya kah

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: