5. Pengembangan Profesi Guru, Karya Ilmiah, Menpan, yuk menulis, Virgana wordpress

Pengembangan profesi guru
1. adalah suatu kegiatan guru dalam rangka pengamalan ilmu dan pengetahuan, teknologi dan ketrampilan untuk peningkatan mutu baik proses belajar mengajar dan profesionalisme tenaga pendidik maupun dalam rangka menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dunia pendidikan.

2. Kegiatan pengembangan profesi kegiatan untuk semua guru terutama yang berstatus pegawai negeri sipil, dalam rangka kenaikan pangkat/jabatan setingkat lebih tinggi dengan menggunakan angka kredit.
a. Bagi guru yang mempunyai pangkat guru dewasa tinggkat I golongan ruang III/d ke bawah hukumnya dianjurkan
b. Bagi guru yang berstatus guru pembina/IVa ke atas hukumnya wajib memperoleh 12 (duabelas) angka kredit atau 8% angka kredit dari angka kredit yang dipersyaratkan (150 poin) untuk kenaikan pangkat dan golongan setingkat lebih tinggi.

3. Unsur-unsur Pengembangan Profesi
a. Melaksanakan kegiatan karya tulis/karya ilmiah di bidang pendidikan
b. menemukan teknologi tepat guna di bidang pendidikan
c. membuat alat pelajaran/peraga atau alat bimbingan
d. menciptakan karya seni
e. mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum

Dari ke lima kegiatan tersebut yang  paling populer adalah kegiatan karya tulis ilmiah, hal ini ditandai seperti banyaknya pelatihan-pelatihan tentang tatacara penulisan karya tulis ilmiah. Sedangkan empat kegiatan lainnya kurang mendapat perhatian guru atau para prakarsa untuk membuat pedoman atau prosedur, belum ada selama ini pelatihan atau prosedur untuk menemukan teknologi tepat guna, atau pelatihan membuat alat peraga.
Sebenarnya kemampuan guru terbagi seperti kemampuan manusia pada umumnya, ada yang dominan di belahan otak kiri atau dibelahan otak kanan dan atau otak kiri dan kanan.Artinya kemampuan dan minat guru sangat bervariasi. Hal ini perlu menjadi pemikiran kita bagaimana kita mendesgn suatu pelatihan pengembangan profesi guru selain karya tulis ilmiah, dalam rangka membantu guru untuk memperoleh angka kredit dari pengembangan profesi.
Kecenderungan saat ini pangkat dan golongan guru mandeg pada level pembina/IVa. Masih jarang yang mampu menembus dari level itu, oleh karena itu kegiatan-kegiatan pengembangan profesi semuanya harus tersosialisasikan, dengan wujud nyata di tuangkan dalam suatu pelatihan selain karya tulis ilmiah.

(http://www.virgana.wordpress.com)

2 responses to this post.

  1. Sebaiknya ada sekelompok guru yang khusus mengurusi penyusunan bahan ajaran, sehingga mutunya terjamin dan sesuai dengan situasi dan tidak tercemar oleh hal-hal yang tidak edukatif.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: