33. Idulfitri 1432 atau Lebaran Tahun 2011

Tulisan ini adalah sebagai catatan kecil bagi saya dalam memahami Hari Raya Idulfitri 1 Syawal tahun 1432H atau tahun 2011 di bulan Agustus, yang mungkin perlu direnungkan sejenak. Banyak orang mengatakan perbedaan adalah anugrah, perbedaan adalah hal yang demokrasi, perbedaan adalah adalah hal yang biasa. Saya sih setuju aja bila di implementsikan pada beberapa hal. Misalnya perbedaan pendapat pada suatu rapat dan apabila dapat menyatukan perbedaan pendapat akan menyatukan suatu hasil yang bulat yang dapat di sepakati semua pihak dan diharapkan menghasilkan hasil yang terbaik.
Catatan kecil saya, yang dimaksud adalah:
Pada saat kita sudah selesai menunaikan ibadah Shaum pada Bulan Puasa pada tahun 1432 H yang bertepatan dimulai tanggal Agustus 2011, memangsih awal puasa juga sudah berbeda. selanjutnya kegiatan di bulan suci ini diisi dg berbagai ibadah, seperti sholat Sunah , Zakat dan lain sebagainya, kemudian kita akan melaksanakan Hari Raya Idulftri.Dimana sebagian Besar umat Islam hampir yakin bahwa 1 Syawal 1432 H adalah akan jatuh pada tanggal 30 Agustus 2011, hari Selasa. Tetapi apa yang terjadi …. di hari Senin Malam sebagian Umat sudah menghentikan sholat taraweh dan sambil menantikan pengumuman dari pemerintah. Ternyata pemerintah mengumumkan bahwa Hari Raya Idulfitri Jatuh pada hari Rabu 31 Agustus 2011.
Apa hendak dikata bagi yang yakin dengan pemerintah, maka sholat taraweh di gelar lagi walaupun jamahnya tinggal sedikit, dan …… jelas dong para ibu rumah tangga udah beli keperluan lebaran yang mungkin kalau untuk lebaran hari rabu akan basi, karena sudah menyiapkan lebaran diperkirakan hari selasa. Jadi ada tambahan bageting untuk itu. Bagi orang penyabar akan dihadapi dg sabar demi cintanya terhadap Islam (Subhanallah), hanya Allah akan memulyakan mereka yang bersabar.
Hal-hal ekses seperti diurai di atas adalah hal yang biasa, tetapi ada yang sesuatu perlu direnungkan apabila 1 Syawal itu ada dua tanggal di tahun masehi. Dalam kasus tahun ini yaitu ada yang merayakan selasa tanggal 30 agustus 2011 atau hari Rabu tanggal 31 Agustus 2011, seperti:
1. Andaikan benar 1 Syawal adalah tanggal 30 Agustus 2011, maka umat yang merayakan Idulfitri 31 Agustus 2011 masih berpuasa pada tanggal tersebut, maka hukumnya haram berpuasa pada tanggal 30 Agustus 2011
2. Andaikan benar 1 Syawal adalah tanggal 31 Agustus 2011, maka umat yang merayakan Idulfitri 30 Agustus 2011, mereka batal 1 hari. Maka menurut hukum, kalau puasa batal satu hari tanpa alasan, maka puasanya yg sudazh dilknakan tidak diterima dan puasa yang batal tersebut tidak bisa diganti di hari lain (untuk lebih yakin perlu konfirmasi pada pak Ustadz atau Kiayai)
3. Menurut para ustadz atau para penceramah bahwa malam lailaturqodar (malam 1000 bulan) adalah jatuh pada malam ganjil pada puasa 10 hari terakhir. Malam ganjil ini bagi siapa? karena awal puasa juga sudah berbeda? Saya punya pemikiran bahwa malam LailatulQodar akan jatuh pada malam genap atau ganil di 10 hari terakhir puasa, agar supaya mewadahi keduanya.
4. Catatan lain, bahwa 17 Agustus 2011 adalah HUTRI jatuh hari jum’at, sama dengan 17 Agustus 1945 yang jatuh pada hari jumat pula.
5. 16 September 2011 adalah hari jum’at. 16 September 1955 adalah hari jum’at dan juga tanggal lahir saya

Penutup:
Ini terjadi di kampung Saya, Ada seorang tokoh yang biasa menjadi Imam baik pada sholat jamaah harian maupun sholat hari raya. Suatu kali dia menganut merayakan hari Idul Fitri satu hari lebih awal, tetapi sholat Idul Fitrinya keesokan harinya bersama umat pada umumnya. Menjadi Imam pula.
Apakah dibolehkan kita berlebaran hari ini, tetapi sholat ied nya keesokan harinya?
Kapankah kita bisa puasa dan berlebaran bersama-sama? kebersamaan akan lebih baik. Walahualam.

2 responses to this post.

  1. Posted by Raden Sapta Nirrochman on November 27, 2011 at 3:43 AM

    Pa Saya dari Balitbang ingin berkenalan banyak dengan bapak. Tapi saya lihat di blog Bapak kho g ada alamatnya ya? Dan juga ada tugas dari balitbang untuk penelitian SMK dilingkungan Jakarta Utara. Saya tunggu jawabannya. TKS

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: