37. Perkembangan Kehidupan Peradaban Manusia, Kebudayaan berjalan gradual sepanjang zaman, virgana, Unindra.

Pendahuluan
Usia Bumi menurut teori “Big Bank” adalah +/-4,6 Milyar tahun, dimana saat itu tiada berpenghuni dan tiada kehidupan karena selama 800 juta tahun saat terbentuknya Bumi masih di hujani meteor dari berbagai ukuran, yang secara logika meteor tersebut secara otomatis bersatu membentuk Bumi.

Pembahasan:

Awal kehidupan dimulai pada +/- 3,6 Milyar tahun sampai dengan +/- 3,4 milyar tahun yang lalu, sebagai tanda awal kehidupan ditemukan fosil-fosil Alga hijau-biru, kemudian vakum selama 3 Milyar tahun (berapa detik yah …?)

Kemudian +/- 600 juta tahun yang lalu ditemukan bakteri dan plankton, kehidupan yang masih sederhana karena di muka Bumi ini hanya ada: Alga. bakteri dan plakton…. selama jutaan tahun.

Ledakan kreatif terjadi pada +/- 10 juta tahun yang lalu, pada saat itu Bumi telah di huni oleh makhluk yang ber-cel banyak, seperti adanya makhluk yang terbang, berenang dan merayap yang bertebaran di Muka Bumi ini. Dari mana mereka asalnya? sangatlah sulit untuk menjawabnya.

Perkembangan kehidupan manusia tidak merata baik dalam evolusi biologis maupun evolusi kultural, misalnya dari perkembangan nenek moyang “manusia kera” menjadi manusia saat ini memakan jutaan waktu tahun lamanya.

Pada Evolusi Kebudayaan, misalnya pada kehidupan Nomad yang biasa hidup berpindah-pindah dan berburu hewan untuk di konsumsi terjadi 20.000 tahun yang lalu, dan tidak ada keinginan secara naluri dan logika dalam memelihara binatang untuk dikembang biakan, begitu sederhananya kehidupan mereka.
Baru 10.000  tahun yang lalu meraka berkeinginan memelihara ternak dan mualai bercocok tanam (bayangkan memakan waktu 10.000 tahun, baru sadar ingin memelihara hewan, sangat-sangat lambat bagi ukuran kita saat ini) inilah awal dari hidup menetap bangsa Nomaden. Inilah menurut Alvin T yang disebut gelombang pertama peradaban kehidupan manusia.. Pada revolusi agraris saat itu juga di temukan alat bajak untuk menanam, perkakas dari batu. Dan secara gradual sejalan dengan waktu mereka bisa berkuda sebagai alat transportasi. Disini juga awal keserakahan manusia, bisa berkuda untuk merampok (karena lebih mudah merampas dari pada kerja keras), berperang dan lain sebagainya.

Menyambung gelombang beradaban kehidupan manusia menurut Alvin T, ada 4 gelombang:

1. Era Agraris

2. Era Industri

3. Era Informatika

4. Era Spiritualisasi Manusia

Mudah-mudahan dengan gelombang ke 4 kehidupan di muka Bumi ini,  ketentraman, kesejahtraan,  kebabahagiaan dunia dan akherat dapat dicapai. Back to nature. Amin. Demikian catatan akhir Tahun 2011. Dan sebagai catatan Penting, bahwa saat dulu-dulu sekali  perubahan kebudayaan sangat-sangat lambat berkembang, juga sebaliknya kehidupan kita saat ini di abad 21, akan dirasa, sangat lambat, oleh manusia yang hidup di abad 22, 23,24, …… Saat ini pun sebenarnya kita sudah merasa cepat dimana persaingan semakin ketat, perubahan sangat cepat, Virgana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: