54. Aneh tapi Nyata, Terjadi pada Kehidupan sehari-hari, Perlu Kajian Ilmu, Tape alias Peuyeum, Virgana, Unindra PGRI Jakarta.

Tulisan ini adalah sebagai catatan  pengetahuan, dan saya ingin sumbangan pengalaman anda untuk melengkapi apa yang saya ketahui, sehingga tulisan ini akan di update terus, bilamana ada masukan. Mungkin saja tulisan ini akan bermanfaat bagi siapa saja dalam penerapan kehididupan sehari-hari kita. Bagi anda yang ingin menambah, tuliskan saja pada komen, nanti saya akan tambahkan ke dalam tulisan ini, terimakasih.

  1. Pembuatan Tape, Tape kalau di Jawa Barat disebut peuyeum, dan yang terkenal adalah peuyeum Bandung.

    Tape Singkong (Peuyeum Sampeu)

    tape adalah terbuat dari singkong atau beras ketan,  baik ketan hitam maupun putih. dan jenis biji-bijian lainnya juga bisa dibuat tape.  Pembuatannya sederhana saja, singkong di rebus tidak terlalu matang, lalu di dinginkan, kemudian ditaburkan ragi yang sudah dihaluskan. setelah itu ditempatkan dalam suatu wadah disimpan 3-4 hari, maka tape siap untuk dimakan. Ada catatan khusus si pembuat tape harus suci, artinya tidak sedang Mens, kalau sudah mens harus mandi suci, demikian juga tidak berhadas besar. Kalau laki-laki tidak berhadas besar. Kalau tidak demikian tape yang dihasilkan rasanya tidak akan manis atau asam rasanya. hal ini menurut pengalaman para orang tua saya di Kampung.

  2. Minuman dihinggapi Lalat. Ada kalanya kita sedang asyik ngobrol sambil minum kopi atau susu coklat,

    Segelas Kopi Susu

    tahu-tahu ada lalat nyebur ke gelas, kalau dibuang sayang minumannya masih penuh. sebenarnya kalau minuman kita dihinggapi lalat, ceburkan aja sekalian, karena menurut cerita (apakah ada hadistnya saya lupa?), di sayap kiri terdapat racun, maka sebenarnya disayap kanan terdapat suatu sinar laser pembunuh racun tadi.

  3. Tanaman yang Merambat. Pada suatu keadaan tertentu atau kita sedang berada    di hutan sedang kelaparan,

    Pohon yang Merambat Searah tawaf

    ingin memetik daun atau buahnya, kebetulan ada tanaman yang merambat. perhatikan tanaman yang merambat di pohon tadi apakah searah dengan arah Tawaf (berlawanan dengan arah jarum jam)? kalau ya … pohon tersebut aman untuk dimakan, kalau tidak maka pohon itu beracun dan tidak aman untuk dimakan.

Makan dengan Jari Tangan

4. Makan dengan Tangan. Makan dengan jari tangan adalah sunah Nabi,itu benar  karena makan dengan jari tangan kita sendiri adalah membantu pencernaan dalam pembusukan. Sebab di jari tangan itulah terdapat bakteri pembusuk makanan. Oleh karena itu para orang tua kita atau kita yang sudah jadi orang tua, selalu melarang jangan sembarang ambil makan dengan jari tangan nanti akan cepat basi.  pakailah sendok untuk ambil makanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: