63. Mengatasi Kemacetan di Jakarta, mengurangi Laju pertumbuhan kendaraan, Beri Masukan pd Gubernur, sebuah saran, Virgana’blog, Unindra PGRI Jakarta

Bukan rahasia umum semua sudah tahu Jakarta itu macet, makanya kalau diundang rapat Jam 10,00 harus sudah

Kemacetan=pemborosan BBM

jalan jam 08.00. Bukan itu saja yang sering terjadi dengan alasan kemacetan seperti jam masuk kantor, anak sekolah. yang sering terlambat.

Siapa saja yang akan memimpin Jakarta, akan dihadapkan dua masalah besar yaitu kemacetan dan banjir. Bayangkan saja berapa kerugian atas terjadinya kemacetan, misalnya saja BBM habis di Jalan raya dengan percuma, ini bagian yang harus ditanggung masyarakat yang terbesar. dsb-dsb.

Sebuah Saran

Ada ketidak seimbangan pertumbuhan jalan raya dan kendaraan bermotor yang mengakibatkan jalan raya ini padat

Macet di BHI

tidak kenal waktu. Dalam hal ini pertumbuhan kendaraan yang terlalu cepat dari pada pertumbuhan jalan. ya kira-kira pertumbuhan kendaraan; motor 14,61% Mobil 6,73% sedangkan pertumbuhan jalan rara antara 1 sd 2 % saja,

Maka Saya menyarankan pertumbuhan kendaraan harus menganut system ZERO GROWTH, pertanyaan selanjutnya apakah penjualan kendaraan baru harus dihentikan? jawabannya  tidak juga. Maksudnya begini

  1. Misalnya kendaraan yang sudah usia 30 tahun ke atas tidak diperkenankan lagi beroperasi di Jalan raya tetapi
  2. Perusahaan/ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek Kendaraan bermotor yang ingin menjual mobil baru dapat membeli mobil yang sudah tidak beroperasi, hal

    yah .... Macet Lagi

    inilah sebagai izin untuk memperoleh penjualan mobil baru sebagai pengganti yang lama. Mobil lama dihancurkan dan di daur ulang.

Pemilik mobil lama tidak dirugikan karena dibeli oleh perusahaan yang akan menjual mobil baru dengan harga disepakati sebaiknya diatur oleh pemerintah. ATPM yang ingin menjual mobil baru sesuai kuota yang akan dijual harus membeli mobil lama dari masyarakat sejumlah kuota yang akan dijual. Sehingga terjadilah pertumbuhan kendaraan yang Zero Grwoth.

Tidak menutup kemungkinan kalau masyarakat ingin menjual kendaraan yang berumur < 30 tahun kepada ATPM, boleh-boleh saja yang penting terjadi proses zero growth pertumbuhan kendaraan.

Proses selanjutnya pemerintah harus mengatur aturan-aturan yang mengatur mekanisme ini, misalnya kendaraan harus dengan merek yang sama, atau bisa juga merek berbeda harga bisa beda. dan lain-lain. Dari mekanisme inipun pemerintah bisa mendapat income

Kapan lagi kita bisa nyaman berkendaraan di Jakarta bahkan kota-kota besar lainnya, sudah saatnya mengatur pertumbuhan kendaraan yang semakin tidak terkontrol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: