66. Menu Makanan Sehat, Apa yang harus dimakan Supaya Sehat, menghindari penyakit stroke, virgana wordpress, Unindra PGRI Jakarta

  • Kalau kita urut ke belakang kehidupan kita hari ini sebenarnya sebagai akibat masa ribuan tahun yang lalu. demikian juga apa yang dilakukan kita hari ini akan berakibat pada kehidupan masa yang akan datang. Kalau

    System Pencernaan

    kita malas generasi-generasi kita juga akan malas, ya kalau malas kapan mau bekerja, lalu kapan dapat uang untuk meneruskan kehidupan. beruntunglah jika kita berasal dari keturunan atau masyarakat yang rajin atau giat bekerja sehingga mempunyai kinerja yang baik.

Perhatikan pernyataan berikut:”Kata-kata jadi perilaku, perilaku jadi habit, habit jadi karakter, karakter jadi garis hidup”

Kembali pada topik “apa yang harus kita makan supaya sehat?”, tidak ada rumusan yang tepat, karena kita dipengaruhi oleh masa generasi jauh sebelum kita. Ada suatu rekomendasi dilihat dari golongan darah, apa yang harus kita makan?

  • Katanya kalau golongan darah A harus banyak makan sayuran karena golongan darah A berasal dari nenek moyang hidup ribuan tahun yang suka bercocok tanam, dan sayuranlah makanan utamanya kecenderungan  “vegetarian”
  • kalau golongan darah B, berasal dari keturunan pemburu hewan yang hidup berpindah-pindah seperti bangsa “Nomaden” sejak ribuan tahun yang lalu, dan kebiasaan makannya adalah hasil buruan tadi.menurut sejarah kebudayaan dari kesadaran berburu beralih ke kesadaran beternak pun memerlukan waktu 10.000 tahun

    System Peredaran Darah

  • Yang Indah Golongan darah AB, karena boleh makan sayuran dan daging, mungkin sejarah masa lalu pemilik golongan darah ini bercocok tanam dan beternak juga. atau bisa juga hasil perkawinan bangsa golongan darah A dengan bangsa golongan darah B, lahirlah Golongan darah “AB” dan “O” atau netral.
  • Demikian juga golongan darah “0” atau nol sebagai posisi netral, boleh makan keduanya

Ada suatu nasihat yang moderat (kebiasaan orang muslim zaman dahulu), makanan apa yang harus kita makan supaya sehat tanpa melihat golongan darah:

  • Kalau makan ikan (Semua jenis ikan) sebagai “lauknya” jangan dicampur dengan menu makanan dari daging hewani.
  • Demikian sebaliknya kalau “lauknya” dari daging hewani  jangan dicampur menu dari ikan
  • Kalau dicampur ikan dan daging, ini bisa mengakibatkan reaksi dalam perut yang tidak sehat, dan timbulah suatu penyakit tertentu misalnya darah tinggi, kalesterol dan sebagainya, tentunya hal ini terjadi secara gradual dan kumulatif,  ….. tahu-tahu kita dapat penyakit tertentu.
  • kalau sayur mayur boleh dimakan siapa saja, untuk memenuhi zat atau unsur  yang tidak ada pada ikan atau daging hewan.

Hal tersebut memang perlu pembuktian, sedikit pengetahuan saya tentang hal ini bahwa pada ikan terutama ikan laut mengandung Omega 3 dan sifatnya sangat sensitif dan akan kalah oleh Omega 6 dari daging, mungkin di sini terjadi reaksi yang berakibat suatu penyakit.

Rekomendasi bagi kita yang sudah dewasa mulai usia 25  ke atas, perbanyaklah makan omega 3, misalnya salmon omega 3, khasiatnya luar biasa, menghindari “stroke”. Omega 3 dapat melebur lemak dalam urat nadi, sehingga urat nadi kita lancar dalam menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Stroke akibat dari penyumbatan darah dalam tubuh. “Allahualam”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: