108. Diet rendah karbohidrat bisa sebabkan bau mulut!, Nasi Putih

rice

Apakah Anda termasuk orang yang melakukan diet rendah karbohidrat? Jika iya, maka Anda punya alasan untuk khawatir. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meskipun diet rendah karbohidrat akan memberi Anda ukuran pinggang ideal, namun diet ini bisa memberikan efek samping berupa bau mulut.

Berdasarkan penelitian yang mengamati 25 juta orang, mereka yang melakukan diet rendah karbohidrat juga harus berhadapan dengan nafas yang berbau. Namun, sisi baiknya jika Anda memiliki nafas yang berbau saat melakukan diet rendah karbohidrat, tandanya diet Anda memberikan hasil.

Dr Kharisma Jaradi, seorang dokter gigi, menjelaskan penyebab nafas berbau yang disebabkan oleh diet rendah karbohidrat ini.

“Saat diet rendah karbohidrat Anda membakar lemak dalam tubuh, ini akan melepaskan zat kimia yang disebut ketone. Ketone inilah yang kemudian dikeluarkan melalui urin dan bau mulut,” katanya, seperti dilansir oleh Times of India.

Berita buruknya adalah jika bau mulut Anda disebabkan oleh diet rendah karbohidrat, maka tak ada cara yang bisa menghilangkannya.

“Bau mulut ini tidak disebabkan oleh masalah kebersihan mulut,” kata dokter gigi Shantanu Jaradi. “Sehingga semua cara seperti menggosok gigi, dental floss, menggosok lidah, dan lainnya tak akan cukup untuk mengatasinya.”

Para dokter gigi menyarankan untuk mengubah pola diet atau memodifikasi diet jika ingin menghilangkan bau mulut tersebut. Mouthwash mungkin bisa membantu mengatasi bau mulut untuk sementara waktu, namun menambahkan sedikit karbohidrat dalam diet mungkin bisa mengatasi masalah ini lebih baik.

Meskipun begitu, bisa jadi bau mulut tak hanya disebabkan oleh pola diet, melainkan juga kebersihan gigi. Selain itu dokter juga menjelaskan bahwa masalah pencernaan, ginjal, merokok, serta bakteri juga bisa menjadi penyebab bau mulut.

Jika Anda memiliki bau mulut, yang terpenting adalah mengetahui penyebab dari bau mulut. Setelah itu, Anda bisa memutuskan cara untuk mengatasinya. Terdapat juga beberapa makanan yang bisa membantu Anda untuk mengurangi masalah bau mulut yang tidak sedap.

Sumber: merdeka | Berita Terbaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: