113. Suplemen vitamin D dan kalsium bisa buat panjang umur?

Vit Dsuplemen vit D

Berdasarkan penelitian di Denmark, manula yang mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium bisa hidup lebih lama dari orang lain.

Penelitian ini mengamati data konsumsi vitamin D dari 70.000 orang dewasa yang berusia antara 60 – 70 tahun. Mereka menemukan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin D sekaligus suplemen kalsium memiliki kemungkinan 9% hidup lebih lama hingga tiga tahun jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi suplemen apapun.

Meskipun begitu, mereka menemukan bahwa mengonsumsi salah satu suplemen tersebut, misalkan vitamin D saja atau kalsium saja tidak akan berdampak apapun pada rentang usia. Dari sekitar 151 orang yang mengonsumsi vitamin D dan suplemen kalsium setiap hari selama tiga tahun, hanya satu orang yang meninggal.

Penemuan ini datang dari pengamatan terhadap penlitian yang melihat manfaat vitamin D bagi kesehatan, termasuk untuk memperpanjang usia. Ketua penelitian Lars Rejnmark dari Aarhus University Hospital di Denmark mengatakan bahwa penelitian terbaru ini merupakan penelitian terbesar yang menggunakan delapan percobaan secara acak. Percobaan-percobaan ini diyakini sebagai alat bukti ilmiah yang paling kuat.

Seperti dilansir oleh Vitals, para relawan dalam penelitian ini adalah orang yang berusia di atas 60 tahun dan kemungkinan memiliki tingkat nutrisi yang tidak mencukupi dan masalah kesehatan tertentu. Karena itu, Dr Philippe Autier dari International Prevention Research Institute berpendapat bahwa belum tentu orang dalam keadaan sehat yang mengonsumsi vitamin ini bisa hidup yang lebih lama.

Dalam penelitian ini, peneliti menemukan sekitar 5,5% dari 35.412 orang yang tidak mengonsumsi vitamin atau kalsium meninggal selama penelitian, sementara 5,3% dari 35.116 orang yang mengonsumsi hanya vitamin D saja meninggal selama penelitian.

Mengonsumsi vitamin D, dengan atau tanpa tambahan suplemen kalsium memiliki efek pada tingkat mortalitas hanya setelah dikonsumsi selama tiga tahun. Meskipun begitu, hasil yang didapatkan tidak memiliki perbedaan besar dengan orang yang mengonsumsi vitamin setelah satu atau dua tahun.

Vitamin D dan kalsium sangat penting karena manfaatnya yang bagus untuk kesehatan tulang, namun peneliti merekomendasikan agar orang mulai mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D setelah masa menopause, atau sekitar usia 50 tahun untuk pria.

Meskipun penelitian ini dilakukan berdasarkan vitamin D dan kalsium dalam bentuk suplemen, namun peneliti menyatakan bahwa vitamin D dan kalsium yang didapatkan dari makanan juga tidak akan banyak berbeda. Begitu juga fakta bahwa kebanyakan relawan dalam penelitian ini adalah wanita. Peneliti menjelaskan bahwa hal ini tidak akan banyak berpengaruh pada hasil penelitian.

Sumber: merdeka | Berita Terbaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: