128 Puasa bikin jantung lebih sehat lho!

Nabawi

Puasa memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Secara medis, puasa bisa membuat jantung semakin sehat lho. Untuk membuktikannya, seorang dokter di Utah meneliti hubungan puasa periodik dan penyakit kardiovaskular.

Para peneliti mewawancarai 200 pasien yang menjalani tes diagnostik yang disebut angiografi, pemeriksaan X-ray dari pembuluh darah dan bilik jantung yang dapat menunjukkan jika seseorang memiliki penyakit jantung koroner.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang berpuasa secara teratur memiliki risiko 58% lebih rendah terkena penyakit koroner, jika dibandingkan dengan mereka jarang berpuasa. Hasil penelitian tersebut dipresentasikan pada konferensi American College of Cardiology di New Orleans.

Sebuah studi kedua yang dilakukan oleh tim peneliti juga menunjukkan hasil yang sama. Puasa menyebabkan perubahan metabolisme yang baik untuk jantung.

Namun sebelum menjalankan puasa, sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter. Saran medis sangat berguna untuk memantau kesehatan Anda selama berpuasa. Yuk sambut datangnya bulan suci Ramadan!

Sumber: merdeka | Berita Terbaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: