129. Apakah benar air kelapa baik untuk kesehatan?

dewegan

Air kelapa adalah cairan yang terbentuk secara alami di dalam cangkang kelapa. Ini adalah minuman yang sering ditemukan di banyak negara tropis. Beberapa perusahaan bahkan memasarkannya sebagai minuman penambah energi. Air kelapa mengandung 94% air dan cukup rendah kalori.

Minuman ini merupakan sumber vitamin B, potasium, elektrolit, enzim, dan asam amino. Beberapa zat dalam air kelapa secara teoritis memiliki manfaat sebagai antioksidan dalam tubuh, seperti yang dikutip dari webmd.com.

Sebuah studi menunjukkan bahwa minum air kelapa dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung. Di lain pihak, sebuah penelitian kecil juga menemukan bahwa air kelapa secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada 71% penderita hipertensi.

Apakah efek samping dari minum air kelapa? Meskipun belum ada hasil penelitian yang jelas tentang bahaya minum air kelapa, sejauh ini tidak ada bukti bahwa air kelapa menimbulkan efek samping.

Dalam beberapa tahun terakhir, air kelapa telah dipasarkan sebagai minuman penambah energi atau minuman olahraga. Air kelapa mengandung kalium dan mineral yang tinggi. Namun, pihak produsen atau pemasok minuman energi tersebut hanya mengklaim manfaat kesehatan yang luar biasa dari air kelapa, tanpa dasar penelitian atau studi yang kuat.

Air kelapa memang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Semoga kelak ada sebuah studi yang benar-benar menjelaskan tentang khasiat dan efek samping dari air kelapa secara ilmiah.

Sumber: merdeka | Berita Terbaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: