130. Seberapa jauh Anda mengenal antioksidan?, Vitamin

Biji Bunga Matahari

Antioksidan tentu sudah familiar bagi Anda. Secara umum, Anda juga pasti telah mengetahui bahwa antioksidan bagus untuk tubuh dan kesehatan. Tetapi, apa Anda benar-benar tahu apa itu antioksidan?

Antioksidan adalah vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang mampu melindungi sel dari efek radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi oleh tubuh ketika memecah makanan menjadi energi, atau molekul yang dihasilkan oleh asap rokok dan radiasi. Radikal bebas bisa merusak sel, melemahkan sistem imun, dan berkaitan dengan penyakit jantung, arthritis, kanker, serta penyakit lain.

Radikal bebas ibarat pencuri yang akan mengambil elektron kapan pun dan membuat sel menjadi rapuh dan bermasalah. Tubuh kita memiliki kemampuan alami untuk menggantikan elektron yang telah diambil oleh radikal bebas. Namun ini tak bisa dilakukan tanpa makanan yang mengandung antioksidan. Makanan yang mengandung antioksidan memberikan elektron pada radikal bebas sehingga mereka tak perlu mengambil elektron dari sel tubuh.

Terdapat beberapa nutrisi yang bisa bekerja sebagai antioksidan seperti vitamin E, vitamin C, beta karoten, seng, selenium, dan mangan. Tiap-tiap zat ini memiliki fungsi yang berbeda bagi tubuh sehingga bisa dikonsumsi secara bergantian.

Berikut ABC News (09/07) memberikan daftar makanan yang banyak mengandung antioksidan.

1. Vitamin E
Vitamin E banyak terkandung dalam biji bunga matahari, almond, bayam, sayuran hijau, pepaya, asparagus, brokoli, wortel, mangga, labu, paprika, dan kacang.

2. Vitamin C
Vitamin C bisa Anda temui pada kiwi, jambu, buah berry, buah-buahan citrus, cabe, brokoli, kecambah, bunga kol, kale, mangga, ubi jalar, dan tomat.

3. Beta karoten
Beta karoten bisa didapatkan dari makanan-makanan seperti wortel, labu, ubi jalar, bayam, aprikot, asparagus, bit, brokoli, dan semangka.

4. Seng
Seng banyak terkandung pada wijen, daging merah, cokelat hitam, buncis, kacang, dan ikan laut.

5. Selenium
Anda bisa mendapatkan selenium pada biji bunga matahari, ikan, daging sapi, jamur, bawang merah, dan gandum.

6. Mangan
Tanaman herba dan rempah-rempah banyak mengandung mangan. Begitu juga dengan kacang-kacangan dan gandum.

7. Makanan anti oksidan lainnya
Selain makanan-makanan di atas, antioksidan juga banyak ditemukan pada seledri, terong, teh, apel, wine, buah berry, dan kecambah.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui tentang antioksidan dengan lengkap kan? Dengan mengonsumsi makanan-makanan di atas, sel tubuh Anda akan tetap terlindungi dari radikal bebas.

Sumber: merdeka | Berita Terbaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: