185. Menyikapi Perubahan Kurikulum, Apanya yang berubah ?

Apakah Kurikulum 2013 lahir, dengan membawa cacat bawaan sehingga perlu segera diganti atau di berhentikan? siapa yang menganggap cacat? atau hanya sebagian orang yang tidak suka saja menganggap K13 itu cacat karena merasa “sulit” untuk melaksanakannya, atau bahkan “repot”. Mengapa repot karena dalam evaluasi pembelajaran selain ada penilaian kognitif, ada juga penilaian afektif dan psikomotor.

Kalau itu permasalahan “repot”, itu bisa diabaikan karena kita akan memberikan yang terbaik kepada anak bangsa ini, kapan kita ingin memberi sesuatu kepada negara, jangan ingin menerima dan menuntut yang terbaik saja bagi diri kita?

Saya mengamati perubahan kurikulum di Indonesia, hanya mengganti bingkainya saja sedangkan “foto” atau “potret”nya  masih yang lama” . Bingkainya bagus, karena bagusnya kita jadi silau enggan memandangnya ….melihat aja tidak mau, apa lagi melaksanakannya,  ini dia masalahnya.

Saya hanya ingin mengajak merenungkan cerita di bawah ini:

Para siswa di tugaskan membaca buku akademik, Ada sekelompok siswa bisa membaca dengan cepat dengan mengetahui informasi apa yang tertulis di buku itu. Kita tahu dikatakan cepat dengan melihat jumlah halaman yang mereka baca lebih banyak dari yang lainnya. Disini siswa tersebut telah mencapai kompetensi kognitif.

Apabila dalam membaca tersebut siswa menemukan rasa senang, bahagia, kepuasan sehingga membaca ini dijadikan suatu kebiasan. Maka siswa ini telah mencapai kompetensi afektif.

Siswa tadi tahu bahwa dalam membaca agar tidak cepat mengantuk. Dia akan mengatur posisi tubuhnya dalam membaca, mengatur posisi duduk (tidak sambil tiduran karena kalau membaca sambil tiduran akan merusak mata), mengatur pencahayaan ruangan, dan mengatur kesejukan udara, dalam tahap ini siswa sudah mencapai kompetensi psikomotor.

Itulah mengapa tiga kompetensi dasar manusia ini mesti seiring sejalan dalam pembelajaran, hal ini adalah pesan isi kandungan dalam kurikulum 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: