201. Anak Luar Biasa, Anak Berkebutuhan Khusus, ABK, Jenis-jenis ABK, Jenis SLB, SLB atau SABK.

Pada awalnya penulis mengenal istilah bagi anak yang berkelainan khusus ini adalah anak cacat (bisa cacat mental atau cacat fisik), Kemudian dikenal Anak Luar Biasa, dan saat ini istilah yang digunakan adalah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).
Untuk istilah anak luar biasa, disebut luar biasa karena pada dasarnya mereka mempunyai kekurangan atau kelebihan dari anak pada umumnya baik dari segi kognitif, afektip maupun psikomotor. Anak yang super pintar (Jenius) juga disebut anak luar bisa karena dia mempunyai kelebihan dari segi intellegence dari anak rata-rata.
Pelayanan Pendidikan bagi anak luar biasa/ABK yang secara khusus berdasarkan jenis ketunaan adalah SLB (Sekolah Luar Biasa), Sekolah Luar Biasa mengacu pada istilah anak luar biasa, jadi SLB diperuntukan bagi pendidikan anak luar biasa. Kalau kita mau konsisten dengan istilah, maka tempat pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus mestinya bernama SABK. sejatinya pelayan pendidikan bagi ABK, Menurut Hallahan (1986:8) Pelayan pendidikan bagi anak ABK (exceptional Children), mulai dari Least Intensive sampai kepada Most Intensive atau mulai dari Most Integrated sampai kepada Least Integrated.
Artinya kalau kita memberikan pendidikan yang kurang intensif berarti kita memberikan pendidikan yang lebih integrasi. Misalnya ABK bersekolah di sekolah Umum seperti pendidikan inklusif (sebenarnya ini kan kurang intensif pelayanan bagi mereka). Tetapi kalau ABK ini bersekolah di sekolah khusus seperti di SLB, artinya ini memberikan pelayanan pendidikan yang lebih intensif tetapi kurang integrasi dengan anak normal.
gedung SLB
Pendidikan bagai ABK di Indonesia selain SLB juga dikenal Ada TKLB, SDLB. SMPLB, SMALB, adalah sekolah khusus bagi semua ABK demua jenis ketunaan.
Sedangkan sekolah khusus berdasarkan jenis ketunaan adalah:
1. SLB bagian A bagi anak Tunanetra
2. SLB bagian B bagi anak Tunarungu
3. SLB bagian C bagi anak Tunagrahita
4. SLB bagian D bagi anak Tunadaksa
5. SLB bagian E bagi anak Tunalaras
6. SLB bagian G bagi anak Tunaganda.

Bagi anak yang jenius/pintar di indonesia belum dikhususkan secara khusus. baru sebatas pada kelas/sekolah akselerasi saja.
demikian yang penulis ketahui.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: