203. Selayang Pandang Kenaikan Pangkat dan golongan Bagi PNS yang berstatus Guru. Sistem KPO yang dirindukan.

Pada periode Sebelum tahun 1989
Kenaikan jabatan guru dengan menggunakan sistem KPO (Kenaikan Pangkat Otomatis), dengan periodesasi 4 tahunan. Untuk naik golongan dan pangkat seorang guru cukup mengumpulakan berkas + DP 3 yang diperlukan, setiap 4 tahun. Memang enak monoton tanpa ribet harus mengumpulkan berkas prestasi yang telah dicapainya, Pada waktu itu tidak ada gunanya dapat sertifikat suatu pelatihan atau seminar baik sebagai peserta maupun pemakalah, tanpa prestasi pun bisa naik pangkat dan golongan tepat waktu. Tetapi disisi lain ada pematasan kenaikan pangkat dan golongan bagi pns guru disaat itu, sama seperti pada kenaikan pangkat dan golongan pada jenjang struktural, tergantung qualifikasi akademik dan jabatan. (Pengalaman penulis karena hanya berputar di eselon III, sejak tahun 1999 sudah mencapai IV/b,). Demikian juga pada kenaikan pangkat dan golongan di kalangan guru saat itu, misalnya apabila seorang guru SMP dengan izasah S1, akan mentok pada golongan III/c dengan sebutan guru dewasa sampai pensiun, bisa naik pangkat dia harus menjadi Kepala sekolah dulu. uBerapa probabilitas (peluang) menjadi Kepala sekolah atau kemujuran dapat pindah ke struktural.

Periode Pasca tahun 1989.

Dengan diterbitkannya Keputusan Menpan Nomor 26 Tahun 1989, Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, disinilah pangkat dan jabatan fungsional guru dapat dimungkinkan mencapai golongan maksimal IV/e. Dengan diterbitkannya Surat keputusan tersebut terjadi perubahan perilaku di kalangan guru, betapa pentingnya pengarsipan semua jenis dukumen sebagai bukti fisik dalam rangka kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru. (biro-biro jasa untuk membuat perhitungan PAK bermunculan, karena sebagian guru tidak terbiasa, tidak mau pusing). tahun 1990 Beruntung penulis saat itu pernah menikmati kenaikan jafung dengan angka kredit dari III/c ke III/d (unit kerja SPG 3), dengan TMT di gol III/c baru 2 tahun 6 bulan. Tetapi pada saat itu dengan keputasan Menpan Nomor 26/1989, butir-butir nilai angka kredit sanga kecil, sedangkan AK kumulatif untuk naik tingkat setingkat lebih tinggi dari golongan III/c  ke III/d adalah   100 AK. sehingga para guru memerlukan waktu lebih lama untuk naik dari III/c ke III/d.

Berdasarkan kajian tersebut lahirlah kembali Keputusan Menpan nomor: 84 tahun 1993 Tentang Jabatan fungsional Guru dan angka Kreditnya. Sehinga pada saat itu guru dengan mudah dapat naik ke golongan IV/a bahkan IV/b. Permasalahan timbul bawahan dapat lebih tinggi pangkat dan golongan dari atasan yang duduk sebagai jabatan struktural. Tetapi yang lebih krusial lagi adalah sebagian terbesar jabatan dan golongan di kalangan guru berhenti di Golongan IV/a, kenapa? Karena guru belum terbiasa penulisan karya ilmiah, berbagai semnar dan pelatihan sudah ditempunh, tapi hasilnya tidak signifikan.

Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, bahwa kualifikasi akademik seorang guru minimal S1 atau D4. Hal ini berimplikasi kepada pengangkatan pertama kali CPNS guru berada pada level Golongan III/a. Maka lahirlah Permenpan dan RB tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru. Hal yang memperberat usaha guru untuk berjalan mulus dalam karir terutama guru yang standar. Karena adanya Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Apakah dan kapan Seorang guru dapat kesempatan idalam rangka pengembangan diri??? Disisi lain kouta pelatihan dari unit terkait terbatas!

Nah disinilah kesempatan Pemda DKI harus mengkaitkan TKD Dinamis dengan usaha guru dalam peningkatan diri, Sehingga LPTK, Lembaga Profesi akan mengambil peran dalam usaha guru dalam pengebangan diri.

Klik selengkapnya Tentang PKG dan PKB1. Overview PKG-PKB Versi Rawa Bunga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: