219. Beli Kantong Plastik untuk Wadah Belanjaan

Belanja yang praktis adalah beli kantong plastik, nanti bekasnya adalah untuk tempat sampah di rumah dan belanjanya di pasar tradidisional. Kalau dipakai lagi untuk belanja …. “NO” ngirit bangett. Istri saya sudah biasa beli kantong plastik dari anak-anak remaja yang menjajakan kantong plastik berikut jasanya dan biasanya kami memberikan uang lebih, dengan pemikiran membantu anak-anak tersebut untuk meringankan biaya sekolah atau uang jajan. Kami Ikllaaassss.

Tetapi ketika kalau belanja di maal atau sejenisnya kantong plastiknya harus beli, Aku tidak rela tidak ikhlas hanya untuk memperkaya pengusaha aja, toh akhirnya bekas plastik itu mereka buang juga jadi sampah yang sulit hancur.karena yang belanja di Mall dan sejenisnya adalah masyarakat menengah atas, mana mau mereka bawa-bawa kantong plastik bekas buat wadah belanjaan. (maksudnya reuse)

Solusinya kalau program ini mau sukses, bikin kantong kertas yang terbuat dari kertas, sehingga jika dibuang juga akan cepat hancur. Kalau alasannya plastik itu merusak lingkungan karena tidak cepat hancur, Berikan alternatif pilihan………………… jangan asal. Atau hargapastik mestinya Rp. 10.000,- ( barulah masyarakat kalau belanja akan bawa kantong belanjaan dari rumah)

Evaluasi lagilah kebijakan plastik ini, kecuali ada udang dibalik plastik. Beberapa minggu setelah tulisan ini terbit, ada running tag di tv swasta. harga kantong plasti dari Rp.200,- (dua ratus rupiah) akan dinaikan menjadi Rp.1000 (seribu rupiah). Nah loh ketahuan pengelola ingin udang Lobster di balik plastik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: