238. Ojek online, Taxi online, Atau Ojek dan Taxi konvesional.

Banyak perdebatan sudah tentang angkutan berbasis aplikasi dengan yang konvensioanal, bahkan telah terjadi domo dan tawuran antar kelompok itu, seprti di Jakarta, Tanggerang, Bogor dan kota-kota luar p. Jawa.

Saya pernah hidup di suatu negara sekitar tahun 1980-an (30 tahun yang lalu), apabila kita akan pergi menggunakan bis kota, nyamannya luar biasa. Dengan keteraturan jadwal selalu tepat waktu, murah (dengan satu tiket bisa pulang pergi pada satu limit waktu), tidak bising kendaraan (bedalah dengan trans Jakarta,ada suara-suara seperti kendaraan Tua, padahal mobilnya tergolong baru). Maju dan berhenti kendaraan tidak terasa, sopir mahir dan terlatih.

Apabila kita akan menggunakan Taxi, dan mencari Taxi di jalanan tidak akan ketemu Taxi Kosong, (nah mengurangi kemacetankan dari sini saja tidak ada kendaraan umum yang menganggur di jalanan), maka Kita harus pesan kepada perusahaan taxi atau sejenisnya via telepon (waktu itu belum ada aplikasi, tetapi sudah terjalin ke arah itu). saat ini negara itu sudah pasti Taxi nya sudah berbasis aplikasi, tapi tidak terdengar keributan.Demo OJK

Transportasi Umum seperti angkot, sopir atau pengusaha angkot mengluhkan pendapatan menurun, katanya dikarenakan adanya angkutan berbasis aplikasi. Ini mungkin saja salah satu diantaranya, tetapi disisi lain sebenarnya pengusaha teralu memakasa menambah armada angkot pada trayak tertentu yang dianggap padat. salah nya lagi izin trayek dapat juga…… siapa yang salah? beberapa kasus malahan angkot beroperasi tidak sesuai izin trayek yang ada. akibatnya kesejahtraan sopir menurun, dan emosi yang naik, seta mencari kucing hitam?

Kesalahan terbesar juga ada pada transportasi online. Dengan tidak ada pembatasan rekrutmen ojeker, yang pada akhirnya kesejahtraan tidak akan menjadi daya tarik lagi, kalau bagi perusahaan aplikasi tidak jadi masalah, dengan pegawai tambah banyak, setoran jasa akan tambah banyak pula.

Saya sudah kangen transportasi di Indonesia seperti Norwegia

Demo motor

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: