240. Mengapa Keluar Ingus saat Flu atau karena Udara Dingin, Jangan Membaca Artikel ini Saat Anda Sedang Makan,

Peringatan bagi anda  yang sedang makan, jangan membaca artikel ini karena akan mengganggu selera makan anda itu saja maksudnya. Sangatlah menjengkelkan pada saat anda flu selalu keluar ingus terus menerus, terutama saat menjelang tidur  hidung mampet gak bisa tidur. Ternyata bukan karena flu saja ingus akan keluar hidung, bisa juga akibat udara dingin atau karena AC.

Anduk.png

Ternyata ingus yang sangat menjengkelkan itu ada manfaatnya bagi tubuh manusia, Inilah manfaat ingus:

  1. Pada saat anda flu, hidung kita akan memproduksi cairan (dapat kental atau encer yang disebut ingus), dan memblok lubang hidung bagian dalam, ingus memblok udara masuk agar bakteri dari luar tersaring oleh ingus tersebut sehingga bakteri tidak masuk pada paru-paru. Ternyata   ingus itu berfungsi berbaik hati pada paru-paru kita. Dianjurkan kepada kita yang sedang flu banyak minum air hangat untuk mengganti cairan yang hilang karena produksi ingus, dan jangan sembarangan buang ingus karena ingus tersbut banyak mengandung bakteri dan kan menular pada orang lain. Saran lain basuh juga hidung kita dengan air yang mengandung garam supaya bakteri yang tersisa juga terbuang
  2. Tidak pada saat flu juga ternyata hidung sering mengeluarkan ingus, ini terjadi pada diri penulis. Saya ketika terkena udara dingin seperti AC atau udara pengunungan langsung keluar ingus terus2an. Ini katanya alergi udara dingin. tetapi ternyata ingus disini juga bermanfaat untuk menghangatkan udara dingin sebelum masuk paru-paru. Karena paru-paru di dalam tubuh memerlukan udara yang stabil, untuk itu ada beberapa hal yang saya lakukan: Pertama, berlari-lari kecil sehingga ingus perlahan tidak memblok hidung, karena suhu badan jadi hangat. Kedua, saya melilitkan sorban atau kain sarung pokoknya yang bisa dililitkan ke leher, sehingga tubuh terasa hangat, karena pengeluaran panas tubuh yang paling besar adalah di wilayah leher. Sehingga dengan membungkus daerah sekitar leher penguapan panas akan tertahan dan suhu tubuh tetap hangat.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: